KAMMI IN ACTION

Jumat, 09 Januari 2009

KAMMI in Action

Pekik Takbir Warnai Aksi Mahasiswa
Galang Dana Bagi Korban Palestina

Sumber: Harian Tribun Pontianak edisi Rabu, 31 Desember 2008, halaman 10

PONTIANAK, TRIBUN - Puluhan spanduk berisikan dukungan terhadap perjuangan warga Palestina menghadapi agresi Israel dibentangkan ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Kalbar Peduli Palestina (APKP2) saat berunjuk rasa di bundaran Tugu Digulis Untan, Selasa (30/12). Aksi para mahasiswa itu sebagai bentuk solidaritas dan simpatik atas perjuangan warga Palestina. Mereka mengutuk serangan Israel yang telah menewaskan lebih dari 310 warga di Jalur Gaza dan merenggut nyawa orang-orang tak berdosa.

Selain spanduk berisi dukungan terhadap rakyat Palestina, ratusan bendera Palestina berukuran kecil juga mewarnai aksi tersebut. Pekik takbir dan yel-yel anti Israel berkumandang di di seputaran Tugu Digulis tanpa mempedulikan panas terik matahari saat itu.

Sejumlah demonstran juga membagikan selebaran ke pengguna jalan berisi pernyataan sikap mereka terhadap kebiadaban bangsa Israel.

Dalam aksi damai tersebut, mahasiswa mengutuk keras kebijakan Israel melakukan serangan membabi buta ke wilayah sipil Palestina. Di pernyataan sikapnya, mereka menuntut Israel, sebagai penjahat perang, agar diseret ke mahkamah militer Internasional.
Mereka meminta pemerintah Indonesia melalui PBB untuk mendesak negara-negara pemilik hak veto melakukan tekanan politik terhadap sekutu Israel, yakni Amerika Serikat (AS) dan menghimbau seluruh warga Kalbar memberikan dukungan moril maupun materil kepada Palestina.

Koordinator aksi, Deki Mulyadi, mengatakan, aksi tersebut sebagai aksi solidaritas sesama umat muslim di dunia. "Masalah Palestina bukan hanya masalah mereka sendiri, melainkan menjadi masalah umat muslim di dunia, termasuk Indonesia, dan Kalbar khususnya," cetus Deki.

Ketika ditanya apakah ada rencana melakukan jihad turun langsung ke Palestina, Deki mengaku hal itu belum menjadi prioritas mereka. "Saat ini kami masih fokus memberikan dukungan moril dan materil kepada rakyat Palestina," katanya. Selain aksi, APKP2 juga melakukan penggalangan dana untuk rakyat Palestina. "Pengumpulan dana kita mulai hari hari ini dan kita akan gelar hingga satu minggu ke depan," tutur Deki. Dana yang telah terkumpul di hari pertama berkisar Rp 1 juta.

"Jika semua dana sudah terkumpul, dana tersebut akan kita serahkan ke pusat Komunikasi Nasional untuk selanjutnya dikirimkan ke sana (Palestina)," urainya. Aksi tersebut mereka akhiri dengan membakar replika tank tempur Israel yang dibuat dari rotan dan kertas, yang sebelumnya mereka lempari dengan sendal sebagai simbol melecehkan bangsa Israel. Aksi simpatik 1000 massa dan penggalangan dana untuk Palestina tersebut digelar FSLDK, KAMMI, BKMI, IMMSAH, As-Syifa, Al-Ilham, Matimsyah, Forpis Al-Mizan, FKMI Al- Iqtishad, dan lembaga dakwah kampus lain se-Kota Pontianak di bawah bendera Aliansi Pemuda Kalbar Peduli Palestina (APKP2).

FREE for PALESTINE

SAHRI AMARTA, Ketua KAMMI Daerah Kalimantan Barat saat di wawancarai oleh wartawan

Beberapa demonstran mengibarkan bendera, aliansi dari berbagai lembaga

Foto: Nurbani, HUMAS KAMMI Daerah Kalimantan Barat







2 komentar:

Anonim mengatakan...

asslamu'alaikum

bagus bagus

ASKARI KONVEKSI mengatakan...

Aslm..'afwan,numpang iklan ya. Klo mau buat kaos, jaket KAMMI kunjungi kita aja ya :).klik aja name asykar. Alhamdulillah KAMMI KALTENG telah mempercayakan jaket diproduksi oleh kita.Syukron jaza.
-teruslah bergerak !!